Perbincangan Internal Keluarga

Pagi pagi -bukaan buta- seluruh pneghuni di rumah mungil gua uda disibukin dengan pilah pilih kaos. Gua yang sembari ngopi termasuk satu diantaranya, ada juga bokap dan nyokap. Kaos di pilah sesuai daftar pesanan yang ada,.. Sedikit repot tapi aseli seru.

Nah, yang mao gua ceritain adalah tentang nyokap gua yang tiba – tiba kepengen juga jualan online. Ga nyangka banget ko bisa ya nyokap gua kepikiran gitu, lah Gimana coba mao jualan online, secara mao sms aja kudu minta ketikin sama anaknya, tempo hari minta tolong sama tetangga yg ternyata malah ga punya henpon :d.

Eh tapi boleh juga ya niatnya. Tapi lebih boleh lagi uda pasti kalo sampe kejadian nyokap gua buka online shop gua yang bakalan dijadiin korban. Tambah lagi dah tugas gua ngebantu nyokap gua ini, ngetikin sms sama jualin barangnya lewat internet. :d

Nyokap : “kalo jualan onlen makanan bisa ga ya?”
Gua: “bisa aja, kenapa engga” gua langsung balik tanya “emang mau jul makanan apan mak?”
Nyokap : “cendol”
Gua : *mikir keras sambil kaku mandangin zaskia gotik* #fftthh

Demi menghargai usulan nyokap, dan dikarenakan gua orang baik dan berbudi pekerti luhur, akhirnya gua jawab “bisa mak”.. Dan supaya nyokap gua seneng gua bilaang aje “wah siapa tau bisa di masukin ke super market atau restoran” sedikit kompor si ya..tapi siapa tau aja beneran kesampaian, dan akhirnya nyokap gua jadi juragan cendolšŸ™‚, dan gua makin sibuk balesin satu demi satu sms yang masuk ke hp nyokap buat pesen cendol hehehehe.

Sekilas info : Cendol buatan nyokap gua aseli beneran alami pake banget, pembuatannya juga manual turun temurun entah berapa ribu taun yang lalu, hahaha.. Kelamaan ya. Pokonya itu cara yang di pake sejak pertama kali di temukannya cendol di negeri tercinta kita ini.

Bahannya pake sagu aren yang digiling sampe halus bener, trus di adonin hingga mengental. Adonan yang udah di beri warna (hijau) selanjutnya di ayak menggunakan ayakan yang terbuat dari anyaman bambu. ayakannya di taro di atas wadah yang sudah di isi air, misalnya baskom. Dari hasil ayakan dengan cara di tekan menggunakan tangan itu sedikit demi sedikit adonan jatuh ke wadah yg berisi air berbentuk butiran, jadi deh cendol :d *ga asik bgt ya penjelasannya*.. Tapi ya udah la yah maklumin aja. Kan gua bukan penulis atau ahli pembuat kue.

Tapi ada satu nih kekurangannya, cendol buatan emak gua ga bisa menggunakan warna selain warna hijau, lho kenapa? Gini.. Jadi jat pewarna yg di pake itu bukan pewarna makanan, atau pewarna textile, apalagi pilox atau cat tembok. Tapi pewarna yang di pake meggunakan air perasan dari daun suji. Ya namanya daon pasti ijo kan. Kalo ungu yang ada malah pada minta tandaa tangan. *mulai ngaco*

Cara penyajiannya si standar lah ya, cendol di campur santan di tambah es batu dan gula merah yang di cairkan dengan cara di masak. Biar lebih nikmat minumnya sambil ngebayangin gua. Pasti terasa tambah manis.. Iya tapi abis itu muntah #ueee

Nyokap gua biasa bikin nih cendol cuma untuk konsumsi keluarga, paling banter buat acara selametan atawa kalo ada arisan dirumah gua. Sejauh ini belom pernah coba jual, tapi soal rasa.. Ehmmm.. Dijamin sekali coba bakal ketagihan, tapi tenang ga bikin kecanduan ko.

Jadi kalo ada yang mao ngerasain gimana maknyus dan segernya es cendol alami buatan emak gua ini bisa pesen secara online atau via sms, kalo tanya – tanya via sms jangan banyak banyak ya, karena dijamin emak gua bakalan makin bingung.. Jadi kalo mau tanya-tanya-tanya-tanya bisa dengan cara tulis aja langsung di box coment. Gampang kan!!šŸ˜€

*Selamat Mencoba*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s