Komunitas dan Loyalitas

Kembali saya kedatangan penulis tamu, kontributor. Tamu kali ini adalah Bahtiar Riva’i, juga merupakan salah seorang anggota Jakantor Community.. *makasi bang Vai, atas sumbangan tulisannya…

>> Penulis: Va’i – foto; Illa

Loyalitas bukan sekedar kata, setelah beberapa waktu lalu ane ketemu dengan sekelompok komunitas pecinta sebuah klub yang ada di Jakarta. Begitu dalam arti loyalitas bagi orang2 yang ada didalam komunitas ini. Bukan hanya Materi yang keluar, tapi semua jiwa, raga bahkan waktu bisa dikeluarkan sebagai bentuk dari loyalitas tersebut. Rasanya nggak salah ane milih komunitas Pecinta Persija ini. Didalamnya terdapat kedewasaan yang seolah-olah menjadi penghapus citra buruk masyarakat tentang sebuah sporter (pendukung sepakbola) yang dikenal rusuh (katanya).

Jakantor Community, nama komunitas tersebut. Walaupun ane salah satu dari 22 orang  sebagai penggagas terbentuknya komunitas ini pada tanggal 07 Maret 2010. Tapi loyalitas ane masih jauh dibawah rata-rata temen2 JC yang lain. Terharu rasanya melihat, mendengar loyalitas kawan2 dalam mendukung Persija. Dan bila anda ingin mengetahui lebih dalam arti loyalitas yang sesungguhnya, disinilah tempatnya. Loyalitas yang tepat  pada tempatnya.

Bukan hanya loyalitas, tapi keakraban dan kekeluargaan orang-orang yang ada di dalam komunitas ini sangat kental terasa. Banyak yang ane belum hafal bener namanya, tapi kalo udah pake baju Jakantor dan Jakmania seperti sudah kenal sebagai kawan lama. Ini yang ane rasain kira2 10 tahun lalu mendukung Persija dengan The Jakmania. Sangat ramah dan bersahabat bahkan “ngga” segan-segan menbantu ketika yang lain ada kesulitan atau mendapatkan masalah. Santun dan ramah menjadi ciri khas komunitas ini, namun ketika di stadion tak ada bedanya semangat yang membara dari temen2 Jakmania lainnya.

Namun jangan cepat berpuas diri kawan, kita masih harus banyak belajar lagi untuk menjadi lebih baik dari yang terbaik (wuih lebay bet ya kata2nya). Dengan dipimpin sang Commander bung OB beserta jajarannya, ane yakin cakar dan taring Jakantor Community akan terus bercokol sebagai suatu komunitas percontohan nantinya.

Katanya sepakbola rusuh,

Katanya sepakbola kita ga Bermutu.

Tapi bagi kami sporter

Sepakbola for Unity

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s