1 TAHUN PERJALANAN JAKANTOR COMMUNTY

Tepat 1 tahun yang lalu, 6 Maret 2010 bertempat di Gosong Cafe, Jakarta, oleh 22 orang perintis, disepakati terbentuknya Jakantor Community. Dengan Mengusung slogan Spirit From Office to support Persija. Jakantor community bertekad “Menjadi komunitas percontohan bagi komunitas-komunitas Jakmania & Pecinta Persija lain. atau sedikitnya dapat menjadi referensi dalam berkegiatan, ketika mendukung Persija Jakarta atau kegiatan lainnya” atas dasar itulah Jakantor community lahir.

Kelahiran Jakantor Community, bertujuan untuk mewadahi para pecinta Persija Jakarta yang berlatar belakang Pekerja dan Profesional. Memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masing-masing anggota, semisal,  dalam mendapatkan tiket pertandingan, yakni transfer melalui bank, merupakan salah satu dari beberapa kebijakan yang ditawarkan oleh Jakantor Community.

Pilihan menjadi kelompok supporter pada jalur yang lebih segmented merupakan keberanian tersendiri bagi Jakantor di awal kelahirannya, mengingat saat itu kelompok dan atau komunitas pendukung persija yang ada cukup banyak.  Maka tak heran bila Jakantor Community  yang kerap menempati sector 3 GBK, diakui sebagai salah satu pelopor kelompok yang profesional, santun, militan, menghindari sikap Rasis dan Anarkis, di kalangan Supporter Persija Jakarta.

Bicara soal Jakantor,   kurang lengkap rasanya tanpa kita membicarakan soal Pohon cery, Karena dipohon cery ini, jakantor community biasa berkumpul, tiap kali  ingin menyaksiakan Persija berlaga di Stadion Glora Bung Karno, Jakarta. Pohon Cery memang sebuah pohon biasa dan hanya sebatas simbol. Tapi, mampu menyatukan kami, orang-orang  “tersesat” seperti saya, yang memiliki niat tulus untuk mendukung PERSIJA tapi kaga tau harus berlabu dimana.

Kembali ke soal Jakantor Community,

Didalam stadion, Apresiasi yang diberikan oleh Jakantor Community kepada tim persija sangat  membara namun juga tak berlebihan. dilakukan dengan banyak cara, yang terkadang menjadi inspirasi untuk kelompok pendukung Persija Lainnya, seperti, Giant Plag, parade redflare dan Smocke Bomb.

1 tahun memang usia yang masi sangat belia, namun dengan semangat dan mengusung asas profesionalitas, persaudaraan dan kekeluargaan. Dan dengan penuh keyakinan Jakantor terus menapaki langkahnya, Hal ini tercermin dengan adanya beberapa kegiatan yang terlah dilaksanakan, diluar kegiatan utama, mendukung penuh Persija Jakarta.

  • Nonton Bareng, Nobar menjadi kegiatan rutin untuk menyaksikan bersama saat pertandingan tandang Persija atau timnas, biasanya, salah satu café.menjadi pilihan untuk melaksakan kegiatan ini.
  • Futsal atau Sepak Bola Konvensional, dilaksanakan pada  hari sabtu sore. menjadi agenda pasti yang di laksanakan sebanyak 2 kali saban 1 bulan.
  • Tour Tandang. Selain hanya mendukung Persija berlaga di GBK, Jakantor community juga beberapa kali menyempatkan untuk melaksanakan Tour Tandang. Lamongan menjadi tujuan pertama JC dalam lawatan mendukung persija di luar jakarta. Dilanjutkan dengan tour tandang ke Jepara dan ter akhir, sebagai penutup putaran pertama ISL 210-2011, adalah  Kalimantan timur yang menjadi tujuan tour JC.
  • Aksi Sosial. Jakantor Community Satu Hati untuk Negeri, merupakan salah satu  dari Beberapa aksi yang telah dilaksanakan dalam rangka membantu meringankan sedikit beban saudara-saudara kita yang kebetulan tertimpa bancana.

Meskipun awal keberadaannya menjadi kelompok supporter, namun Jakantor Community tak hanya  menempatkan diri  dalam lingkaran soal sepak bola. Tapi juga berkegiatan  lain diluar soal sepak bola dan stadion.

Buka Bersama, Halal bihalal, Karouke bareng, Wisata Kuliner, dll, menjadi cara tersendiri guna memperat tali persaudaraan sesama anggota Jakantor Community.

Tak ada yang sempurna di dunia ini. Dan kami pun sadar tak luput dari kekurangan itu.  Maka, kami akan terus berusaha mengoreksi diri, dengan tetap tidak meninggalkan asas yang selama kami pegang, yakni Spirit From Office to Support Persija. Militan namun santun dan tidak memberikan contoh yang saharusnya tidak.
Menjadi Kelompok supporter persija yang loyal, bertanggung jawab dan professional, sudah seharusnya mejadi peran sebuah supporter. Barangkali Jakantor Communty belum sepenuhnya sempurna, tapi ijinkanlah kami, kali ini bersyukur.

Karena hari ulang tahun akan selalu terasa istimewa, terutama di saat kita bisa merasakan betapa besarnya pemberian Tuhan yang seakan-akan biasa, namun ternyata begitu berarti bagi kita.

Terimakasih bagi para sahabat yang telah bersama sepanjang perjalanan Jakantor Community selama satu tahun ini. Dan semoga Jakantor Community bisa lebih memberikan yang terbaik bagi kemajuan persupporteran sepak bola di negeri ini.

akhirnya, ijinkan saya mengucapkan banyak terima kasih kepada mereka yan telah mengeluarkan ide paling cemerlangnya membentuk dan membangun sebuah komunitas, bernama JAKANTOR COMMUNTY [JC]

Salam JC.. salam PERSIJA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s