secuil Satire

aagghhhhhoommm.. *ngantuk..

Jangan biarkan apa yang anda pikirkan terbawa sampai tidur, karea bisa jadi akan mempersulit tidur anda, hehehe.. dan malam ini, pikiran gua di teror abisa sama kata saitire. Jadi, mari kita akhiri malam ini dengan meencari apa arti dari “satire”… biar tidur nyenyak sampe pagi.. hehehehūüėÄ

Kata ini, brangkali rada kurang familiar di telinga kita. tapi jangan salah, bisa jadi satir kerap kita jumpai dalam keseharian kita. namun tanpa kita sadari, karena satir sendiri, merupakan hal yang lumrah dalam beberapa hal, seperti sastra, film, drama, politik, musik, dan lain-lain. Bahkan tulisan-tulisan yang ada di majalah, koran, terkadang juga bergaya satir. Satir adalah suatu gaya yang sangat jamak dan lumrah dipakai dalam berbagai keperluan.

Nulis postingan ini dalam keadaan yang super ngantuk.. sumpah, mata kayanya berat banget, kaya ada yang narik-narik, bahkan tex serasa bergandengan antara satu dengan lainnya. *ngantuk apa matanya kotok mas.. heheheh. ¬†tapi ga msalah, toh kali ini hal yang paling terberat –selaen nahan ngantuk– cuma bulak balik halaman browser, balik¬†dari blog gua ke halaman googl, atau sebaliknya¬†trus ketik kata “definisi satire” .

Ternyata banyak bangat, blog atau artikel yang nulis tentang satire ini.

Bahasa Inggrisnya sama dengan bahasa Jerman ‘satire’ itu gambaran pahit, berlebihan, ironis, kritik dalam bentuk lucu.

Sementara menurut http://kamusbahasaindonesia.org satire merupakan gaya bahasa yg dipakai dl kesusastraan untuk menyatakan sindiran atau ejekan terhadap suatu keadaan atau seseorang.

Dalam blog lain, ternyata kata satire sendiri banyak definisinya.. tidak bisa hanya di kaitkan pada satu titik masalah, karena pasti akan bias, dan tak mengenai sasaran. Jadi harus di korelasikan dengan tulisan-tulisan di belakangnya. bahkan lebih jauh satire sering di pakai oleh penulis untuk mendobrak sebuah paradigma. jadi sulit menentukan titik apa itu Satire tanpa kita terlebih dulu menjabarkan secara luas dan rinci

Kayanya bakal batal untuk mensejaterakan tidur nih, kalo di terusin, jadi mending lansung ke definisi umumnya.

Secara garis besar satire adalah suatu gaya/aliran dalam penulisan — yang juga ditemukan di bidang lain seperti musik, film, politik, dan lain-lain– yang menertawakan, mengolok-olok, dan menyindir sesuatu. Cara yang dipakai bermacam-macam, mulai dari ironi, humor, parodi, sampai pada sarkasme.

Hal yang tidak bisa dipisahkan dari gaya satir adalah tipikalitas sindirannya. Suatu hal yang disindir tidak disindir secara langsung melainkan melalui suatu penyampaian yang dikemas dalam bentuk tertentu dan terkadang dibungkus dengan humor. Kebanyakan satir berbentuk olokan dan tertawaan.

Setelah membaca secara rinci, beberapa tulisan yang mengulas tentang satire ini, ko rasanya ga gampang ya.. hehehehe.. bukan ga mao coba, tapi bukan kah lebih baik kalo kita melakukan sesuatu (termasuk nulis) di mulai dari apa yang kita tau dan bisa..

Ada yang tertarik ingin mencoba??.. silahkan..
“selamat mencoba”

2 thoughts on “secuil Satire

  1. Tulisan yg bagus bro.. keren banget nahan ngantuk cuma utk nulis di blog. Ga semua orang bisa gt.
    . Semoga makin keren broh !

    • ngok.. ngok. hehehe, sore baru bisa cipika cipki sekarang.. uda lama bgt mati rasa sama nih blog.. dan kali ini gua kembali ngerasa kasamaran, dan tiba” kangen sama blog gua (yg dulu gua sebut) kece..
      makasi udah mampir bro.. jangan di contoh ya.. :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s