Persembahan Jakmania untuk Persija

>> penulis: TM

Siang itu cuaca sedikit mendung ketika dijalan mulai terlihat kumpulan orang-orang ber baju orange.  Hari itu Sabtu, 30 Oktober 2010 adalah saat dimana pada pukul 15.30 pertandingan DISL antara Persija dan musuh bebuyutannya (Persib) digelar di GBK. Para pendukung Persija  yg dikenal dengan sebutan jakmania sudah mulai berdatangan, dan warna dominan orange juga sudah mulai terlihat di jalan-jalan ibukota. Sayapun bergegas untuk bergabung dengan rekan-rekan pendukung Persija di GBK, tepatnya berkumpul dibawah pohon ceri bersama rekan-rekan Jakantor Community (JC).

Ketika sampai di GBK saya sudah melihat begitu banyak Jakmania yg sedang menunggu atau sedang antri membeli tiket pertandingan sore itu. Kemudian sayapun lsg berkumpul dengan rekan-rekan JC dan membayar tiket yg sudah saya pesan sebelumnya. Singkat kata kami akhirnya mulai berjalan bersama untuk masuk ke dalam stadion GBK dan tentunya dengan melalui petugas kepolisian dan panitia yg memeriksa tiket serta bawaan kami.  Seperti biasanya saya dan rekan-rekan JC menempati sektor 3 bersama dengan Jakmania yg lain. Di tribun atraksi sudah mulai dipenuhi oleh kawan-kawan Jakmania dan begitu pula di tribun yg lain. Tak lama kemudian masuklah pemain-pemain dari tim lawan ke dalam lapangan untuk melakukan pemanasan dan secara serempak terdengarlah teriakan  “huuuuuu”.. kemudian disusul oleh masuknya pemain-pemain Persija dan serempak para jakmania berdiri sambil bertepuk tangan.. Tampaknya pesta akan segera dimulai…

Jakmania mulai bernyanyi untuk memberikan semangat kepada punggawa2 macan kemayoran sekaligus memberikan pressure kepada tim lawan.. sementara saya dan rekan-rekan JC mempersiapkan Giant Flag serta sterofoam  bertuliskan “SPIRIT OF JAKARTA” dan “JAKANTOR”.  Giant Flag siap dan kamipun mulai mengibarkan bendera tersebut diiringi tepuk tangan dari kawan-kawan Jakmania dari tribun lain.. kemudian untuk memberikan pressure yg lebih kepada tim lawan.. 2 orang rekan saya membawa Giant Flag tersebut mengelilingi lintasan yg berada di luar lapangan dan kembali mendapatkan apresiasi dari Jakmania.

Tidak lama kemudian pestapun dimulai… pemain kedua kesebelasan memasuki lapangan pertandingan. Dari tribun atraksi, Jakmania tidak henti-hentinya bernyanyi dan beratraksi untuk memberikan dukungan kepada punggawa macan kemayoran. Dibawah komando seorang dirigen wanita, mereka terus menyanyikan lagu-lagu khas Jakmania sambil beratraksi tanpa kenal lelah. Begitu juga di tribun-tribun yg lain mulai mengikuti irama yg dimainkan dari tribun atraksi..  dari kejauhan juga tampak tulisan JAKAMPUS menghiasi  tribun, berbagai spanduk juga  sudah terpasang disisi pagar pembatas yg rata-rata adalah spanduk dari korwil-korwil atau komunitas Jakmania. Dari sektor 3 rekan-rekan Jakantor Community tidak mau ketinggalan dan langsung menyalakan hand torch kemudian disusul dengan Orange Smoke Bom dan juga Red Flare untuk membuat suasana sore itu semakin bergairah dan juga memberikan tekanan kepada tim lawan. Lalu dari sektor-sektor yg lain juga tidak kalah bergairahnya, ultras serta the jak yg lain juga mulai menyalakan Red Flare dan Orang Smoke Bom serta diiringi oleh nyanyian dari tribun atraksi… hal ini membuat tim lawan semakin berada di dalam tekanan yg tinggi. Tapi apa mau dikata kedudukan babak pertama tetap tidak berubah dengan skor kacamata.

Babak kedua di mulai dan kedua tim kembali disambut oleh nyanyian dari Jakmania..  bagi pemain Persija ini adalah suatu penyemangat tapi bagi tim lawan ini adalah suatu tekanan. Belum juga pluit tanda pertandingan babak kedua dimulai, Sektor 3 kembali membara.. tidak mau kalah dengan tribun atraksi dan tribun lainnya..  Jakantor memberikan atraksi yg sedikit berbeda.. kali ini hampir semua sisi pagar pembatas di sektor 3 dipenuhi oleh rekan-rekan JC yg naik ke atas pagar sambil menyalakan hand torch, Red Flare serta Orange Smoke Bom.. juga tidak lupa dengan kibaran 2 buah Giant Flag bergambar logo Persija dan logo Jakantor.. Kemudian Red Flare dan Smoke bom juga mulai menyala di sektor-sektor lain. Diantara banyaknya rekan JC yg naik ke pagar ternyata ada 2 orang wanita yg juga begitu semangatnya memegang Hand torch sambil mengacungkan salam JT, tidak ada lagi rasa takut dan tidak ada lagi perbedaan saat itu.. yang ada hanya 1 tujuan yaitu semangat mendukung Persija untuk meraih kemenangan.

Alhamdulillah.. di babak kedua gol demi gol lahir dari macan kemayoran.. diawali dengan gol dari Greg, lalu Aliyudin dan terakhir adalah gol dari icon serta kapten Persija Bambang Pamungkas.. Sepertinya semangat dan pengorbanan Jakmania pada sore itu langsung dibayar lunas oleh para punggawa Persija dengan permainan yg sangat impressive di babak kedua serta terciptanya 3 gol dari trio ABG.. Sungguh sabtu yg sangat indah… tanggal 30, bertanding jam 03.30 sore, skor 3-0, gol dicetak oleh trio (3) ABG, raih Point 3 dan bagi Jakantor ditambah sektor 3…. Lengkap sudah Pesta sore itu… Dan semua itu adalah merupakan persembahan Jakmania untuk Persija…………….

Hari ini Persija kembali berlaga melawan SFC.. semoga Persija kembali dapat meraih point 3… bertanding ditanggal 3.. semoga tuah angka 3 kembali berpihak ke Persija…. Dengan dukungan Jakmania yg tak kenal lelah dan permainan impressive dari punggawa Persija.. Kita harus yakin bahwa hari ini Persija akan meraih point 3… amin.

Selamat berjuang Macan Kemayoran.. dan kami juga akan terus berjuang bersama kalian… !!

Tri – Jakantor Community

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s