Enaknya di kasih Judul apa?

Gorengan udah habis tergiling mesin didalem perut gua, kopi di meja udah tinggal ampasnya, ngeroko.. ogah ah, udah ngeroko mulu dari tadi..

Lho bukannya lu lagi di kantor, berartikan lu harus kerja!!.. hehehe iya sih, beberapa hari ini gua lagi tapa di kantor gua, tapi entah kenapa hari ini lagi males banget buat kerja, (oke ini emang tindakan ga baner). tapi apa mao di kata, males ya males..

Akhirnya gua iseng masuk ke mesin pencarian google, trus gua ketik “tim sepak bola seagames Indonesia” gua klik artikel yang sumbernya dari salah satu koran digital di indonesia.

jujur gua rada geli sama bacaan yang ada di salah satu media elektronik itu (geleng-geleng kepala)

 Misi Indonesia meraih medali emas pada SEA Games besok dipastikan tak akan berjalan mulus. Sebab di babak grup, ‘Merah Putih’ tergabung bersama tiga negara kuat ASEAN.

Perhatiin deh kalimatnya, jadi pertandingannya aja belom bergulir, tapi udah di beri ucapan yang kaga-kaga, padahal kan ucapan adalah doa, jadi intinya gimana Indonesia mao menang kalo belum apa-apa udah di anggap kalah. okelah, posisi grup Indonesia memang tidak terlalu menguntungkan, bagaimanapun itu bagian dari kenyataan yang memang tidak bisa dihindari, fakta yang ga mungkin bisa di rubah hanya dengan sebuah jampe-jampe. tapi paling kaga jangan membuat air yang keruh menjadi tambah keruh.

Gua emang bukan orang yang ahli menganalisa soal sepak bola, ga becus berkomentar atau sekedar mengkritisi. Cuma gua heran aja kenapa gampang bangat ya orang memvonis sesuatu, sementara sesuatunya itu belum terjadi. Membuat keseimpulan pesimistis yang belum tentu.

Jadi  keingetan suatu malem (gua lupa tepatnya), seinget gua malam sebelum Shontonk dkk pergi ke cibodas untuk daftar pendakian anak-anak JC ke gunung Gede. Malem itu di nasi kucing ragunan, kumpul anak JC, luamayan banyak sih, ada anak2 regbar juga.

Cukup seru di bawah pohon mangga besar, dengan dialog ancur khas supporter, hingga perdebatan alot seputar Persija dan Timnas bertebaran dari masing-masing mulut yang malem itu ikutan nongkrong. diantara beberapa piring sate khas nascing dkk (susu jahe, kopi item, teh manis dll).

Tonank, yang waktu itu cerita kalo dia kerap di tanya kapan Timnas maen oleh keluarga atau temannya. Dan yang menarik adalah, setelah di jawab, sebagian besar dari orang yang bertanya justru malah bilang.. “paling juga timnas kalah”.. lho. Dan ironisnya kejadian itu ga cuma menimpa Tonank doang, tapi juga di alamin sama teman-teman yang lain.

Jadilah salah satu pembahasan paling panjang malam itu adalah; kenapa kebanyakan orang Indonesia mudah bangat mengatakan “paling juga Indonesia kalah” setiap kali timnas akan bertanding. Atau ada juga yang bilang “payah.. latian mulu, menangnya kaga”.. wew.. padahal Sepak bola bukan hanya sebatas menang dan kalah, tapi bagaimama sepakbola membawa kegembiraan bagi banyak orang. memberikan keberkahan juga bagi banyak orang (contoh kecil, pedagang di stadion).

Oke, kita lupakan soal itu, balik ke soal diskusi hangat di angkringan nasi kucing  ragunan.. dan kembali membicarakan Engkongnya si Tonang yang ga pernah bosen nanya ke cucunya (si tonank), kapan timnas maen, tapi selalu di bales dengan perkataan yang juga berulang, “paling juga Indonesia kalah”.

Latihan mulu menangnya kaga,…

Emang ga banyak yang bisa kita lakukan, karena bagaimanapun juga itu adalah pendapat dari masing-masing mereka, bagian dari hak mereka untuk bilang apa ke.. terserah.. bomat lahhh.. tapi malam itu kita seperti sedang mengharap berjamaah, Seandainya seluruh orang yang punya KTP Indonesia, dan atau yang merasa dirinya bagian dari bangsa ini, walaupun tidak mendukung, setidaknya jangan mencela, bahkan sampe ada yang apatis segala.

Percaya atu tidak, doa punya kekuatannya sendiri. Dan ternyata, doa tak hanya akan menyembuhkan secara spiritual saja, menurut Dr.Somporn Kantharadussadee Triamchaisri, Ketua Departement of Public Health Nursing, Faculty of Public Health di Mahidol University, Thailand, berdoa juga mampu meningkatkan kesehatan secara fisik. Dan pernyataan ini tidak ada kaitnya dengan alasan supernatural, tapi berdasarkan fakta. “Berdoa adalah salah satu bentuk meditasi. Meditasi bisa menjadi senjata yang ampuh dalam menjaga fisik dan mental.

Jadi, mari bersama kita berdoa, semoga Pasukan Muda Indonesia, di beri kekuatan, kekompakan dan mampu mengalahkan siapapun lawannya dilapangan, saat berlaga di ajang sepakbola SEA Games mendatang.. Semoga

-Jayalah Garuda-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s